Desa Pakuncen

Kec. Selomerto, Kab. Wonosobo
Prov. Jawa Tengah

Loading

Desa Pakuncen

Hari Libur Nasional

Wafat Isa Almasih

  • Hari
  • Jam
  • Menit
  • Detik
Info
Selamat Datang di Website Resmi Desa Pakuncen Kecamatan Selomerto Kabupaten Wonosobo

Berita Desa

Komentar Terbaru

Pakuncen, minggu, 11 Agustus 2024. Dalam Acara Peningkatan Pemasaran UMKM Lewat Sosial Media oleh Forum Anak Desa Pakuncen yang berlokasi di Balai Desa Pakuncen. Acara  Bersama Narasumber Pak Desta Hatmoko Adi, S.M,. M.M denga sis kegiatan sebagai berikut :

A. Pendahuluan

Produk UMKM merupakan usaha produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha yang telah memenuhi kriteria sebagai usaha. Contoh usaha yang merupakan UMKM adalah pedagang asongan, warung, toko kelontong, warung makan, pedagang kue pasar, pedagang makanan skala rumahan, dan lain sebagainya.
Dilansir dari amartha.com tertulis bahwa “Jadi, bisa disimpulkan bahwa UMKM ini sebagai sebuah bisnis yang dikelola oleh masyarakat dari kalangan menengah ke bawah.”

B. Pengertian

Pengertian UMKM yang tertuang dalam Keppres RI No. 19 Tahun 1998 sebagai kegiatan ekonomi rakyat pada skala kecil yang perlu dilindungi dan dicegah dari persaingan yang tidak sehat.
Sesuai yang tertera di atas yaitu bisnis yang dikelola oleh masyarakat dari kalangan menengah ke bawah dan kegiatan ekonomi rakyat pada skala kecil yang perlu dilindungi.
Produk UMKM perlu adanya dukungan dari berbagai pihak supaya lebih berkembang. Dukungan yang signifikan adaah dengan memberikan edukasi terkait pemasaran produk UMKM lewat perkembangan teknologi yang semakin pesat ini.
  
C. Rumusan Masalah

Apa yang dimaksud dengan UMKM? Apa saja contoh dari UMKM?
Bagaimana cara kita meningkatkan produk UMKM?

D. Tujuan Acara

Acara yang ditujukan untuk meningkatkan produk UMKM warga Desa Pakuncen lewat Sosial Media
    Tujuan Pertama
Memberikan berbagai literasi dan edukasi supaya warga melek akan perkembangan teknologi dalam pemsaran produk UMKM
  Tujuan Kedua
Memberikan solusi dalam tindak lanjut pemasaran lewat sosial media.

E. Tinjauan Literatur

1. Informasi suka duka (struggle) dalam mengembangkan produk UMKM
2. ⁠Akibat jika tidak melek dalam teknologi karena produk akan dilupakan
3. ⁠Penerapan teknologi dalam pemasaran (lewat sosial media)
 
F. Kerangka Berpikir Proposal

Observasi dan Pengumpulan
Memahami berbagai macam produk UMKM warga Desa Pakuncen. Memberikan informasi acara yang diselenggarakan kepada pengusaha produk UMKM.

G. Mengolah Data Informasi

Sesuai hasil tindak lanjut kami (Forum Anak Desa Pakuncen) Produk UMKM warga Desa Pakuncen ada sekitar 45 produk, dan pengusaha produk UMKM range usia kisaran 30-60 tahun
Uji Coba Untuk Hasil dan Evaluasi
Kami memberikan wadah informasi terkait pemasaran produk UMKM lewat Sosial Media.

H. Hasil Rangkuman

Produk UMKM perlu adanya dukungan dari berbagai pihak supaya lebih berkembang. Dukungan yang signifikan adalah dengan memberikan edukasi yang baik dan diberikan jalan dalam pemasaran produk UMKM lewat perkembangan teknologi yang semakin pesat ini.
 
TERIMA KASIH

A. Pendahuluan

Produk UMKM merupakan usaha produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha yang telah memenuhi kriteria sebagai usaha. Contoh usaha yang merupakan UMKM adalah pedagang asongan, warung, toko kelontong, warung makan, pedagang kue pasar, pedagang makanan skala rumahan, dan lain sebagainya.
Dilansir dari amartha.com tertulis bahwa “Jadi, bisa disimpulkan bahwa UMKM ini sebagai sebuah bisnis yang dikelola oleh masyarakat dari kalangan menengah ke bawah.”

B. Pengertian

Pengertian UMKM yang tertuang dalam Keppres RI No. 19 Tahun 1998 sebagai kegiatan ekonomi rakyat pada skala kecil yang perlu dilindungi dan dicegah dari persaingan yang tidak sehat.
Sesuai yang tertera di atas yaitu bisnis yang dikelola oleh masyarakat dari kalangan menengah ke bawah dan kegiatan ekonomi rakyat pada skala kecil yang perlu dilindungi.
Produk UMKM perlu adanya dukungan dari berbagai pihak supaya lebih berkembang. Dukungan yang signifikan adaah dengan memberikan edukasi terkait pemasaran produk UMKM lewat perkembangan teknologi yang semakin pesat ini.
  
C. Rumusan Masalah

Apa yang dimaksud dengan UMKM? Apa saja contoh dari UMKM?
Bagaimana cara kita meningkatkan produk UMKM?

D. Tujuan Acara

Acara yang ditujukan untuk meningkatkan produk UMKM warga Desa Pakuncen lewat Sosial Media
    Tujuan Pertama
Memberikan berbagai literasi dan edukasi supaya warga melek akan perkembangan teknologi dalam pemsaran produk UMKM
  Tujuan Kedua
Memberikan solusi dalam tindak lanjut pemasaran lewat sosial media.

E. Tinjauan Literatur

1. Informasi suka duka (struggle) dalam mengembangkan produk UMKM
2. ⁠Akibat jika tidak melek dalam teknologi karena produk akan dilupakan
3. ⁠Penerapan teknologi dalam pemasaran (lewat sosial media)
 
F. Kerangka Berpikir Proposal

Observasi dan Pengumpulan
Memahami berbagai macam produk UMKM warga Desa Pakuncen. Memberikan informasi acara yang diselenggarakan kepada pengusaha produk UMKM.

G. Mengolah Data Informasi

Sesuai hasil tindak lanjut kami (Forum Anak Desa Pakuncen) Produk UMKM warga Desa Pakuncen ada sekitar 45 produk, dan pengusaha produk UMKM range usia kisaran 30-60 tahun
Uji Coba Untuk Hasil dan Evaluasi
Kami memberikan wadah informasi terkait pemasaran produk UMKM lewat Sosial Media.

H. Hasil Rangkuman

Produk UMKM perlu adanya dukungan dari berbagai pihak supaya lebih berkembang. Dukungan yang signifikan adalah dengan memberikan edukasi yang baik dan diberikan jalan dalam pemasaran produk UMKM lewat perkembangan teknologi yang semakin pesat ini.
 
TERIMA KASIH

Beri Komentar

CAPTCHA Image

Desa

710

LAKI-LAKI

LAKI-LAKI710penduduk

772

PEREMPUAN

PEREMPUAN772penduduk

1.482

TOTAL

TOTAL1.482penduduk

Layanan
Mandiri

Hubungi Pemerintah Desa untuk mendapatkan PIN

Pemerintah Desa

Kepala Desa

ALI

Tidak Ada di Kantor

Sekretaris Desa

ABDUL LATIF

Tidak Ada di Kantor

Kaur Keuangan

DWI NURFENDI

Tidak Ada di Kantor

Kaur Umum dan Perencanaan

MUCHAMMAD ARIFIN

Tidak Ada di Kantor

Kasi Pemerintahan

SUKONO

Tidak Ada di Kantor

Kadus Krotok

SETYA PAMUNGKAS

Tidak Ada di Kantor

Kadus Pakuncen

FATIKHATUL ASFIYA

Tidak Ada di Kantor

Kasi Kesra dan Pelayanan

AHMAD SAFINGUDIN

Tidak Ada di Kantor

PERKEMBANGAN PENDUDUK

Bulan Ini

Kelahiran

0

Orang

Kematian

0

Orang

Masuk

0

Orang

Pindah

0

Orang

Bulan Lalu

Kelahiran

0

Orang

Kematian

0

Orang

Masuk

0

Orang

Pindah

0

Orang

LAYANAN SURAT PENGANTAR

Hari Ini

0

Surat

Kemarin

0

Surat

Minggu Ini

1

Surat

Bulan Ini

2

Surat

Bulan Lalu

9

Surat

Tahun Ini

36

Surat

Tahun Lalu

174

Surat

Total

428

Surat

Agenda

Untuk sementara, belum ada agenda yang akan dilaksanakan.

Komentar
Statistik Pengunjung
Hari ini : 195
Kemarin : 172
Total Pengunjung : 116.428
Sistem Operasi : Unknown Platform
IP Address : 18.225.98.59
Browser : Mozilla 5.0

Transparansi Anggaran

APBDesa 2024 Pelaksanaan

Pendapatan Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 1.299.409.001,00Rp. 1.300.872.079,00

99.89%

Belanja Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 1.287.906.481,00Rp. 1.315.346.762,00

97.91%

Pembiayaan Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 34.474.683,00Rp. 14.474.683,00

238.17%

APBDesa 2024 Pendapatan

Dana Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 681.845.000,00Rp. 681.845.000,00

100%

Bagi Hasil Pajak Dan Retribusi

Realisasi | Anggaran

Rp. 30.706.000,00Rp. 30.706.000,00

100%

Alokasi Dana Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 365.550.495,00Rp. 367.945.000,00

99.35%

Bantuan Keuangan Provinsi

Realisasi | Anggaran

Rp. 120.000.000,00Rp. 120.000.000,00

100%

Bantuan Keuangan Kabupaten/Kota

Realisasi | Anggaran

Rp. 100.000.000,00Rp. 100.000.000,00

100%

Bunga Bank

Realisasi | Anggaran

Rp. 1.307.506,00Rp. 376.079,00

347.67%

APBDesa 2024 Pembelanjaan

Bidang Penyelenggaran Pemerintahan Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 442.229.337,00Rp. 446.375.762,00

99.07%

Bidang Pelaksanaan Pembangunan Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 742.877.144,00Rp. 755.461.000,00

98.33%

Bidang Pembinaan Kemasyarakatan Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 56.090.000,00Rp. 63.800.000,00

87.92%

Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 17.910.000,00Rp. 20.910.000,00

85.65%

Bidang Penanggulangan Bencana, Darurat Dan Mendesak Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 28.800.000,00Rp. 28.800.000,00

100%
Pemerintah Desa

ALI

Kepala Desa


Tidak Ada di Kantor

ABDUL LATIF

Sekretaris Desa
Tidak Ada di Kantor

DWI NURFENDI

Kaur Keuangan
Tidak Ada di Kantor

MUCHAMMAD ARIFIN

Kaur Umum dan Perencanaan
Tidak Ada di Kantor

SUKONO

Kasi Pemerintahan
Tidak Ada di Kantor

SETYA PAMUNGKAS

Kadus Krotok
Tidak Ada di Kantor

FATIKHATUL ASFIYA

Kadus Pakuncen
Tidak Ada di Kantor

AHMAD SAFINGUDIN

Kasi Kesra dan Pelayanan
Tidak Ada di Kantor