Pakuncen, minggu, 11 Agustus 2024. Dalam Acara Peningkatan Pemasaran UMKM Lewat Sosial Media oleh Forum Anak Desa Pakuncen yang berlokasi di Balai Desa Pakuncen. Acara Bersama Narasumber Pak Desta Hatmoko Adi, S.M,. M.M denga sis kegiatan sebagai berikut :
A. Pendahuluan
Produk UMKM merupakan usaha produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha yang telah memenuhi kriteria sebagai usaha. Contoh usaha yang merupakan UMKM adalah pedagang asongan, warung, toko kelontong, warung makan, pedagang kue pasar, pedagang makanan skala rumahan, dan lain sebagainya.
Dilansir dari amartha.com tertulis bahwa “Jadi, bisa disimpulkan bahwa UMKM ini sebagai sebuah bisnis yang dikelola oleh masyarakat dari kalangan menengah ke bawah.”
B. Pengertian
Pengertian UMKM yang tertuang dalam Keppres RI No. 19 Tahun 1998 sebagai kegiatan ekonomi rakyat pada skala kecil yang perlu dilindungi dan dicegah dari persaingan yang tidak sehat.
Sesuai yang tertera di atas yaitu bisnis yang dikelola oleh masyarakat dari kalangan menengah ke bawah dan kegiatan ekonomi rakyat pada skala kecil yang perlu dilindungi.
Produk UMKM perlu adanya dukungan dari berbagai pihak supaya lebih berkembang. Dukungan yang signifikan adaah dengan memberikan edukasi terkait pemasaran produk UMKM lewat perkembangan teknologi yang semakin pesat ini.
C. Rumusan Masalah
Apa yang dimaksud dengan UMKM? Apa saja contoh dari UMKM?
Bagaimana cara kita meningkatkan produk UMKM?
D. Tujuan Acara
Acara yang ditujukan untuk meningkatkan produk UMKM warga Desa Pakuncen lewat Sosial Media
Tujuan Pertama
Memberikan berbagai literasi dan edukasi supaya warga melek akan perkembangan teknologi dalam pemsaran produk UMKM
Tujuan Kedua
Memberikan solusi dalam tindak lanjut pemasaran lewat sosial media.
E. Tinjauan Literatur
1. Informasi suka duka (struggle) dalam mengembangkan produk UMKM
2. Akibat jika tidak melek dalam teknologi karena produk akan dilupakan
3. Penerapan teknologi dalam pemasaran (lewat sosial media)
F. Kerangka Berpikir Proposal
Observasi dan Pengumpulan
Memahami berbagai macam produk UMKM warga Desa Pakuncen. Memberikan informasi acara yang diselenggarakan kepada pengusaha produk UMKM.
G. Mengolah Data Informasi
Sesuai hasil tindak lanjut kami (Forum Anak Desa Pakuncen) Produk UMKM warga Desa Pakuncen ada sekitar 45 produk, dan pengusaha produk UMKM range usia kisaran 30-60 tahun
Uji Coba Untuk Hasil dan Evaluasi
Kami memberikan wadah informasi terkait pemasaran produk UMKM lewat Sosial Media.
H. Hasil Rangkuman
Produk UMKM perlu adanya dukungan dari berbagai pihak supaya lebih berkembang. Dukungan yang signifikan adalah dengan memberikan edukasi yang baik dan diberikan jalan dalam pemasaran produk UMKM lewat perkembangan teknologi yang semakin pesat ini.
TERIMA KASIH
A. Pendahuluan
Produk UMKM merupakan usaha produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha yang telah memenuhi kriteria sebagai usaha. Contoh usaha yang merupakan UMKM adalah pedagang asongan, warung, toko kelontong, warung makan, pedagang kue pasar, pedagang makanan skala rumahan, dan lain sebagainya.
Dilansir dari amartha.com tertulis bahwa “Jadi, bisa disimpulkan bahwa UMKM ini sebagai sebuah bisnis yang dikelola oleh masyarakat dari kalangan menengah ke bawah.”
B. Pengertian
Pengertian UMKM yang tertuang dalam Keppres RI No. 19 Tahun 1998 sebagai kegiatan ekonomi rakyat pada skala kecil yang perlu dilindungi dan dicegah dari persaingan yang tidak sehat.
Sesuai yang tertera di atas yaitu bisnis yang dikelola oleh masyarakat dari kalangan menengah ke bawah dan kegiatan ekonomi rakyat pada skala kecil yang perlu dilindungi.
Produk UMKM perlu adanya dukungan dari berbagai pihak supaya lebih berkembang. Dukungan yang signifikan adaah dengan memberikan edukasi terkait pemasaran produk UMKM lewat perkembangan teknologi yang semakin pesat ini.
C. Rumusan Masalah
Apa yang dimaksud dengan UMKM? Apa saja contoh dari UMKM?
Bagaimana cara kita meningkatkan produk UMKM?
D. Tujuan Acara
Acara yang ditujukan untuk meningkatkan produk UMKM warga Desa Pakuncen lewat Sosial Media
Tujuan Pertama
Memberikan berbagai literasi dan edukasi supaya warga melek akan perkembangan teknologi dalam pemsaran produk UMKM
Tujuan Kedua
Memberikan solusi dalam tindak lanjut pemasaran lewat sosial media.
E. Tinjauan Literatur
1. Informasi suka duka (struggle) dalam mengembangkan produk UMKM
2. Akibat jika tidak melek dalam teknologi karena produk akan dilupakan
3. Penerapan teknologi dalam pemasaran (lewat sosial media)
F. Kerangka Berpikir Proposal
Observasi dan Pengumpulan
Memahami berbagai macam produk UMKM warga Desa Pakuncen. Memberikan informasi acara yang diselenggarakan kepada pengusaha produk UMKM.
G. Mengolah Data Informasi
Sesuai hasil tindak lanjut kami (Forum Anak Desa Pakuncen) Produk UMKM warga Desa Pakuncen ada sekitar 45 produk, dan pengusaha produk UMKM range usia kisaran 30-60 tahun
Uji Coba Untuk Hasil dan Evaluasi
Kami memberikan wadah informasi terkait pemasaran produk UMKM lewat Sosial Media.
H. Hasil Rangkuman
Produk UMKM perlu adanya dukungan dari berbagai pihak supaya lebih berkembang. Dukungan yang signifikan adalah dengan memberikan edukasi yang baik dan diberikan jalan dalam pemasaran produk UMKM lewat perkembangan teknologi yang semakin pesat ini.
TERIMA KASIH